Fanatisme Tifosi


Di antara banyak perkataan para tifosi, ada salah satu yang akhir-akhir sering terngiang-ngiang: “Gua gak pernah menyesal dilahirkan sebagai Romanisti”

Mungkin bagi yang tak suka bola, kata-kata itu terdengar aneh. Mengada-ngada. Kayaknya koq maksa banget. Tapi bagi para penggemar bola, hal itu wajar-wajar saja. Apalagi buat mereka yang menyebut diri mereka ultras, tifosi sejati.  Suatu perasaan yang secara naluri akan muncul ketika diri mereka tak mampu menjawab mengapa mereka begitu mencintai sebuah klub yang padahal prestasinya gak bagus-bagus amat.  Perasaan begitu sangat memiliki, begitu sangat cinta meskipun klub yang dibelanya sering mengalami kekalahan. Ya, urusan cinta memang sedikit rumit. Tak bisa dilogika katanya. Karena sudah kadung tresno, maka dia tak akan mudah berpaling ke lain hati. Dan sekali lagi, meski, meski, dan meski timnya tak pernah berprestasi, dia akan tetap cinta dan membela klub kesayangannya. Dan akhirnya muncul statement di atas.

Masih belum paham? Yasudahlah, memang tujuan bikin note ini bukan untuk memahamkan seseorang tentang arti cinta (jiaaahhh…). Justru sebaliknya, meskipun saya memaklumi statement seperti itu, bukan berarti saya membenarkan dan melazimkan. Saya pun setuju, kalau dipikir menggunakan akal sehat dan hati yang bersih, kalimat seperti itu akan muncul ketika hati kita sudah buta.  Buta terhadap hakikat.  Buta terhadap kenyataan yang sudah tertutup pekatnya syahwat (hmmm, sebenarnya istilah syahwat gak cocok-cocok amat si, tapi biar akhirannya -at semua terpaksa dipakai istilah itu, hehe..).

Ya, kita sedang berbicara tentang fanatisme.  Fanatisme yang tidak pada tempatnya.  Ketika saya berkunjung ke page Romanisti Indonesia (kebetulan yang dilike cuma itu doank), banyak sekali komentar-komentar bernada fanatisme yang menurut saya berlebihan.  Meskipun itu wajar, bukan berarti itu dibenarkan.  Padahal kalau saja mereka mau berhenti sejenak untuk menjadi Romanisti (dari tadi contohnya Romanisti entar kalau pake klub lain pada protes, hehe..), merenung, berpikir jernih menggunakan akal sehat, maka dia akan tersenyum-senyum sendiri melihat kelakuannya yang aneh dan gak masuk akal.

Iya, fanatisme terhadap suatu klub kadang membuat kita lupa segalanya.  Lupa bahwa tujuan hidup bukan untuk menjadi supporter salah satu klub.  Lupa bahwa hidup ini terlalu berharga untuk sekedar memantau perkembangan klub yang kita cintai.  Lupa bahwa waktu kita terlalu berharga untuk sekedar bangun malam menonton klub kesayangan kita bertanding sampai lupa shalat malam.  Lupa bahwa dukungan kita terhadap klub tidak akan berpengaruh apa-apa, dan sebaliknya cemoohan kita terhadap klub lain juga tidak akan melahirkan efek apa-apa.

Dan cukuplah sebuah hadits dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

اَلْمَرْءُ مَعَ مَنْ أَحَبَّ

Seseorang akan bersama dengan orang yang dicintainya

Bukankah ini kabar baik sekaligus sebagai peringatan? Ya iya kalau yang kita cintai dan idolakan itu Rasulullah dan para shahabatnya, lah kalau yang masih jadi nomer satu di hati kita itu semisal Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Fransesco Totti, Del Piero, Oliver Kahn, dan yang lainnya.  Apa mau nanti kita dibangkitkan di Hari Penghitungan dalam keadaan bersama mereka? Allahul musta’an.

Semoga kita diselamatkan dari fitnah dunia dan fitnah cinta serta ditunjukkan jalan menuju cinta yang hakiki.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s