First Goal Ever


Bek kiri. Itu posisi pertamaku di tim ini. Padahal sejak kecil aku tak pernah bermain sebagai pemain belakang. Striker, itu posisi favoritku. Kalau pun tidak ke belakang sedikit, midfielder. Maka itu, aneh saja aku berada di posisi yang asing seperti ini. Seperti tak berkutik, aku juga tak terlalu berkontribusi untuk tim. Sepertinya pertandingan tak akan menjadi spesial.

Entah darimana, di sela-sela pertandingan kakak melihatku, lalu mendekat, dan berkata,” Posisimu itu di depan, jangan main di belakang !” Eh, iya, tapi aku sudah diplot di sini. Kataku dalam hati. Beberapa menit selanjutnya berlalu dengan perasaan bingung: tetap bertahan atau membantu menyerang. Saat itu kedudukan masih 0-0. Pertandingan putaran pertama classmeeting sepak bola kelas satu, 1 F vs 1 C.

Dan kesempatan itu datang. Bola bergulir di kakiku. Baiklah, akan ku coba. Dari tengah lapangan aku menggiring bola. Satu pemain lawan terlewati. Terus berlari, menambah speed. Satu dua lawan sudah mulai mendekat. Kotak penalti lewan sudah terlihat. Aku berlari terus ke arah sisi kiri pertahanan lawan. Satu dua pemain lawan sudah mulai mengganggu. Membuatku sulit berbelok ke sisi tengah atau pun mengoper teman. Aku terus saja berlari ke depan hingga hampir mendekati garis belakang. Dash ! Beberapa detik sebelum menyentuh garis bola ku tendang. Bola bergulir ke arah gawang, aku terjerembab ke kolam pasir. Dua pemain belakang lawan berusaha menghalau bola. Fatal. Bukannya menendang keluar, kaki mereka malah mendorongnya ke dalam. Dan…gooooooolllll !!!

Riuh penonton bersambut. Lapangan bola SMP 1 Kutoarjo seketika bergemuruh. Aku melonjak, terpeleset-peleset di atas pasir. Tak percaya itu akan membuahkan gol. Satu telunjuk ku tinjukan ke depan, yess ! Teman-teman berdatangan, merangkul, toss, menepuk-nepuk pundak. 1F 1 – 0 1C.  Sisa waktu berikutnya pertandingan pun berjalan lebih menarik.

– Sebuah momen berkesan saat mencetak gol “resmi” pertama di SMP sekaligus sebagai gol pembuka di kompetisi classmeeting tiap selesai ujian.  Meski sudah hampir 10 tahun, suasananya masih teringat dengan jelas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s