Sederhana Itu Nikmat


Menjadi sederhana itu nikmat. Sungguh nikmat.

Bila kita adalah seorang mahasiswa yang diberi uang saku pas-pasan dari orang tua, maka bersyukurlah. Karena mengalami masa-masa itu adalah pengalaman yang sangat berkesan. Teringat dulu saat masih menjadi mahasiswa, karena memang jatah bulanan saya pas-pasan, saya membatasi pengeluaran saya untuk makan. Sehari dua kali, tidak lebih dari Rp 12.000. Jadi, kalau pagi sudah makan Rp 5.000, sore atau malam harus makan Rp 7.000. Tapi kalau pagi sudah makan Rp 8.000, ya terpaksa malam harus makan seharga Rp 4.000. Meski aturan ini tak sepenuhnya berjalan sebagaimana mestinya, tapi setidaknya beginilah patokan yang harus saya turuti.

Kenikmatan makan itu adalah ketika perut kita benar-benar sangat kelaparan. Saat itu makan bukan hanya sekedar keinginan, tapi benar-benar menjadi kebutuhan. Bila tidak makan maka akan sakit. Saat seperti itu, seperti orang yang mau berbuka saja, apa pun makanan yang kita makan akan terasa nikmat. Dan yang pasti bersyukur. Mungkin ini kunci utama kenapa makanan itu jadi berlipat-lipat kali lebih nikmat. Dulu saya sering beli nasi warteg, Rp 5.000, sudah dapat telur, sayur, dan nasi putih sepiring. Dan dengan berucap bismillah, hmmm…nyummy…benar-benar nikmat. Bahkan mungkin, ayam bakar terenak sekalipun yang dimakan tanpa rasa syukur dan hanya dilandasi keinginan saja, akan kalah nikmatnya dengan sepiring nasi warteg tersebut. Subhanallah…

Saat ini, waktu-waktu itu sudah berlalu. Saya bekerja di perusahaan BUMN dan Alhamdulillah, gaji yang diterima lebih dari cukup (sebagai orang yang belum berumah tangga tentunya, hehe..). Mau makan apa saja sekarang lebih mudah. Bahkan belum lapar saja biasanya sudah tergoda untuk makan sesuatu. Hanyasaja, kenikmatan yang dulu sudah mulai pudar. Bahkan karena saking mudahnya mencari makan tidak jarang lupa untuk bersyukur.

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s